Kamis, 14 Juli 2011

hasil kali kelarutan

Hasil kali kelarutan adalah hasil kali kosentrasi ion-ion suatu elektrolit (Ksp) dalam larutan yang tepat jenuh. Hasil kali kelarutan jenuh suatu garam, yang mengandung garam tersebut yang tak terlarut dengan berlebihan merupakan suatu system kesetimbangan terhadap hukum kegiatan massa dapat diberlakukan. Misalnya timbal clorida (PbCl2) jenuh dapat ditulis sebagai berikut :

PbCl2     -->  Pb2+ + 2Cl-

Dalam hal ini kesetimbangan adalah kompromi dinamika dimana kecepatan keluarnya partikel dari fase pekat sama dengan kecepatan baliknya. Ini merupakan kesetimbangan heterogen, karena PbCl2 ada dalam fase padat, sedang ion-ion Pb2- + 2Cl- ada dalam fase terlarut.
Tetapan Kesetimbangan dapat ditulis :
K =      [Pb2+] [Cl-]                   
                [PbCl]

Kosentrasi timbal klorida dalam fase padat tak berubah dan dapat dimasukkan kedalam tetapan baru
Ksp = (Pb-2) (Cl-)2
Jadi dapat dinyatakan bahwa dalam larutan jenuh suatu elektrolit yang sangat sedikit larut, hasil kali konsentrasinya untuk setiap ion-ionnya tertentu adalah konstan dengan kosentrasi ion dipangkatkan dengan bilangan sama dengan jumlah ion bersangkutan yang dihasilkan oleh disosiasi dari suatu molekul elktrolit.

Nilai Ksp berguna untuk menentukan keadaan senyawa ion dalam larutan, apakah belum jenuh atau lewat jenuh, yaitu dengan membandingkan hasil kali ion dengan hasil kali kelarutan. 

0 komentar:

Posting Komentar